Search This Blog

Wednesday, June 5, 2013

Asal Mula Munculnya Senjata Meriam



Meriam ditemukan oleh bangsa Maroko pada saat terjadi kekacauan pada bangsa Arab. Yaitu pada saat Peradaban bangsa Arab diambang kehancuran bukan kehancuran tapi jatuh tepatnya, sedangkan pada saat itu Eropa sedang mengalami kebangkitan dan masa memanfaatkan ilmu pengetahuan. Karena itu penemuan meriam merupakan musibah terbesar bagi bangsa Arab sendiri.

Kenapa demikian? Karena Eropa yang sedang bangkit pada saat itu berhasil mengembangkannya dan menghantam benteng – benteng pertahanan Arab di Andalusia dan mengambil kembali Portugal dan Spanyol dari tangan Kaum Muslimin Arab. Tragis memang! Tidak cukup demikian mereka juga (Orang Eropa) menggunakan Meriam sebagai senjata dikapal perang yang membuat Spanyol, Belanda, Inggris berhasil menguasai sebagian besar lautan di Dunia.

Sedang Orang Arab tidak sanggup lagi untuk mengembangkan diri karena terlalu disibukkan dengan gencatan senjata dari Eropa (Perang). Hingga sebagian pelabuan di Timur tengah dialihkan fungsi (direbut) oleh Orang Eropa menjadi Dermaga oleh kapal perang Eropa.

Yaa, meskipun pada saat itu Pemerintah Turki Usmani berhasil mengembangkan meriam dan membuatnya secara besar-besaran, tetapi Eropa telah menyatukan kekuatannya untuk menghancurkan segala daya upaya Kaum Muslimin Arab.

Bagaimana pun itu, meski Eropa saat ini memebang tambuk kekuasaan seDunia, tapi ingat! Peradaban Arab dulu lah yang membuat kalian menjadi sekarang. Diakui atau pun tidak, karena memang benar sesungguhnya ilmu pengetahuan Modern saat ini adalah Inovasi dari Kaum Muslimin Arab pada Era Gemilangnya Peradaban Bangsa Arab.

2 comments :