Search This Blog

Monday, June 3, 2013

Resensi Buku Karya Muhammad Ghorib Gaudah " ILMUWAN TERKEMUKA DALAM SEJARAH ISLAM"



Sebelum jatuhnya Andalusia  ditangan orang – orang Castilia dan Aragon , kemajuan Ilmu pengetahuan dipegang oleh orang Islam. Namun pada Abad 11 M. Orang – orang Castillia berhasil merampas perpustakaan Arab yang besar yang merupakan harta kekayaan termahal di Dunia dalam bidang Ilmu pengetahuan dan pemikiran. Mereka menjual koleksi buku yang berjumlah 500.000 jilid kepada para pelancong.

Kemudian saat jatuhnya Qordova Abad 13 M. perbuatan biadab itu terulang kembali, 440.000 jilid buku dijual dengan harga yang tidak sebanding dengan nilai buku tersebut

Konon orang – orang Eropa berada di Wilayah Prancis, Italia, Jerman termasuk orang yang merindukan Ilmu pengetahuan Arab dan kebudayaan. Wajar jika Mereka memburu buku – buku tersebut dan Mereka kemudian mempelajarinya dan menerjemahkan ke bahasa latin dan berbagai bahasa Eropa lainnya.

Seiring berjalannya waktu dampak positif dari mempelajari buku –buku Arab dan penerjemahannya telah terlihat. Sehingga, wajah Dunia Eropa mulai berubah secara bertahap. Ahkirnya cahaya tersebut menerangi Benua yang konon Bodoh dan gelap sepanjang Abad  pertengahan.

Sikap para pemikir Eropa dan Ahli sejarahnya pun berbeda – beda dalam memberikan pengakuan terhadap keunggulan peradaban Islam atas peradaban Eropa, sebagaian dari mereka mengingkari, kebanyakan dari mereka berpendapat bahwa peranan kaum muslimin hanya sebatas mentransfer karya peradaban bangsa Yunani ke Eropa atau Mereka sekedar tukang Pos, hal ini sangat membuat tersayatnya hati kaum Muslimin, namun sebagian dari mereka ada yang berpendapat peradaban Bangsa Arab dan Islam adalah peradaban yang secara langsung membantu kebangkitan Eropa dan Dunia saat ini.

Berikut Pengakuan – pengakuan tentang peradaban Islam yang menggetarkan jiwa :
- Spencer Vamiri, seorang Orientalis, “ Tidak ada seorang pun Ilmuwan yang merenungkan tentang kubah biru tanpa mengucapkan nama Arab, tidak mungkin Ilmuwan Biologi dapat mengolah daun pohon menjadi kertas / memetakan padang pasir tanpa teringat pada pelajaran – pelajaran dari bangsa Arab. Begitu pula dokter tidak akan mampu menelusuri penyakit pada manusia yang telah dikenal sejak dulu tanpa terinspirasi dari pemikiran dokter.
- Filsuf Perancis, Gustav Le Bon, dalam bukunya “ Peradaban Arab mengatakan Apakah kita dapat memastikan bahwa bangsa Arab satu satunya yang telah menunjukkan kita kepada Dunia Yunani Kuno dan Latin kuno, dan Universitas – universitas Eropa, seperti Universitas Paris yang berdiri sejak 600 tahun lamanya telah menerjemahkan buku – buku bangsa Arab dan mengadakan penelitian? Dan bisa disimpulkan Peradaban Islam merupakan peradaban yang paling mengagumkan sepanjang sejarah.”
- Orientalis Jerman, Zigrid Hunke, mengatakan dalam bukunya “ Matahari Allah ada di Barat”  

Eropa merupakan kota milik Arab (dulunya) dan hutang orang Eropa terhadap Bangsa Arab Sebenarnya Sangat Banyak. Seharusnya orang Eropa mengakui keutamaan ini sejak dahulu kala tapi apa yang mereka perbuat kini ? Perasaan congkak orang Eropa yang menganggap bahwa orang Arab hanyalah Tukang Pos semata membuat geram.
Dan bahkan ketika kita membaca beberapa bukunya tak ada satu kata pun yang menyebutkan keutamaan bangsa Arab dan Ilmu pengetahuan yang diajarkan kepada Kita. Padahal sebenarnya tidak ada satu pun buku – buku yang ada di Eropa saat itu, kecuali semua lembarannya bersumber dari peradaban bangsa Arab.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Ilmuan – ilmuan terkemuka dalam Sejarah Islam baca buku Karya Muhammad Gharib Gaudah

No comments :

Post a Comment