Search This Blog

Tuesday, June 18, 2013

FAKTA MENARIK TENTANG WUDLU




Wudlu menurut lughot/bahasa  memiliki arti indah atau bersih. Sedangkan menurut Syara’/Istilah adalah membersihkan anggota wudhu dengan air yang suci menyucikan berdasarkan syarat dan rukun tertentu untuk menghilangkan hadats kecil. Dan wudlu adalah syarat sahnya sholat, dengan berwudlu bersihlah segala hadast kecil yang ada di anggota badan yang akan digunakan kita untuk menghadap Allah SWT yaitu untuk Sholat.

Diluar dari yang saya sebutkan diatas tadi Wudlu memiliki Manfaat bagi Kita pribadi yang sangat menguntungkan :

  1. Dengan berwudlu perhari 5 kali (dilakukan sebelum sholat) secara tidak langsung mengajarkan kita untuk selalu bersih dan tidak lusuh.
  2. Dengan berwudlu wajah kita akan nampak bercahaya. Loh kok? Pasti kalian mikirnya gitu, buat saya wudlu itu selain syarat sahnya sholat juga merupakan syarat bersihnya wajah (kenapa gitu?) karena tiap kita berwudlu anggota kepala kita yang namanya wajah pasti tidak luput dari basuhan Air, dan Air yang mengalir pada wajah kita disertai dengan meratakan ke wajah, dan secara tidak langsung kita telah melakukan apa yang namanya cuci muka (wah untung banget kan?) makanya sering –sering deh berwudlu
  3. Wudlu juga bisa menyegarkan kita dan membuat Otak kita fresh kembali. Ngga percaya? Coba deh pas kamu lagi suntuk atau lagi ngantuk kamu buruan wudlu nanti yang namanya ngantuk atau suntuk pasti kabur.
  4. yang terakhir wudlu bisa membuat kita merasa suci selalu dan dilindungi Alloh, dan ketika sewaktu – waktu ajal menjemput kita kalau masih punya wudlu berarti kita mati dalam keadaan Suci.

Begitu banyak manfa’at yang kita ambil dari berwudlu. Makanya kalian jangan males – malesan buat Wudlu dan Sholat karena Wudlu sama sholat itu sepaket ga bisa dipisahin. Kan kalau kamu mengerjakan sepaket itu Jiwamu jadi tentram dan damai surga pun menunggumu. Makanya jangan ogah – ogahan buat beribadah. Segitu dulu yaah, kapan – kapan Athiyah share lagi manfa’at lain wudlu, soale Athiyah taunya juga baru segitu, dan Athiyah pun jua masih belajar.



No comments :

Post a Comment