Search This Blog

Sunday, June 29, 2014

Apa Saja yang Bisa Membatalkan Puasa ?


Marhaban ya Ramadhan, Alhamdulillah kita masih dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun 2014. Berhubungan dengan puasa banyak amalan puasa yang kadang bisa membatalkan puasa, namun sering kali kita tidak tau dan lebih gencar menyepelekannya. Karena memang pada dasarnya orang awam taunya jika puasa itu menahan lapar dan minum sudah cukup, padahal pengaplikasiannya bukan sebatas itu.

Baiklah kita mulai dari pengertian puasa secara lughot (bahasa) ‘arob puasa/Shoum memiliki arti menahan , ini pengertian yang sangat umum dan butuh di tafshil untuk mengetahui lebih lanjut tentang puasa. Untuk itu ada pengertian puasa/shoum menurut Syara’ yaitu menahan dari segala hal yang membatalkan puasa ini yang perlu digaris bawahi bahwa segala hal yang membatalkan puasa bukan hanya makan dan minum tapi banyak juga amalan yang bisa membatalkan puasa, yang mana banyak orang awam yang kurang tahu dan kurang perhatian tentang hal semacam ini.

Untuk itu disini saya akan memaparkan beberapa amalan yang bisa membatalkan puasa dan merusak keabsahan puasa. Sayang kan sudah capek – capek nahan lapar dari fajar hingga terbenamnya matahari tapi semuanya sia – sia karena amalan yang kita tidak tahu bisa membatalkan puasa.

  • Memasukkan segala sesuatu ke dalam perut
    • Ini artinya bahwa jika kita sampai memasukkan benda – benda apapun kedalam perut kita dalam arti makan / minum, makan bukan berarti harus nasi atau roti tapi segala hal yang kita masukkan ke dalam perut kita itu bisa membatalkan puasa meskipun tidak membuat kenyang, misalkan kita seusai sahur entah karena menggosok giginya kurang bersih atau apa hingga akhirnya masih ada sisa makanan yang menempel di gigi, meskipun kecil sekalipun itu tetap bisa membatalkan puasa. Begitu pula dengan minum bukan berarti hanya air yang dimasukkan kedalam perut kita bisa membatalkan puasa bahakan seperti menelan ludah yang berlebihan itu juga akan membatalkan puasa, itu bukan berarti kita tidak boleh menelan ludah, tapi ludah yang berada di sekitar gigi dan langit – langit mulut kita otomatis jika kita menelannya akan membatalkan puasa.
  • Memasukkan segala hal kedalam 2 alat pembuangan / Organ intim (Qubul dan Dubur)
    • Kita tahu ketika puasa kita tidak boleh memasukkan segala sesuatu ke dalam organ intim bukan hanya bersenggama yang bisa membatalkan puasa, tetapi juga memasukkan obat sekalipun artinya suntik itu bisa membatalkan puasa. Jadi jangan suntik di siang hari pada waktu puasa ya.
  • Berkumur berlebihan
    • Berkumur memang pada dasarnya menjadi salah satu kesunatan Wudhu. Tapi berkumur di bulan Ramadhan itu hukumnya makruh apabila berlebihan, karena jika kita berkumur berlebihan otomatis secara tidak sengaja akan ada air yang masuk.
  • Memasukkan air ke dalam hidung ketika berwudhu
    • Begitu juga dengan memasukkan air yang berlebihan ke dalam hidung juga bisa membatalkan puasa, saya punya catatan penting tentang memasukkan air ke dalam hidung, disini banyak sekali yang belum tahu ketika kita sedang Flu banyak air yang ada di dalam hidung kita. Nah , ketika puasa kita tidak boleh memasukkan ingus kedalam hidung artinya menyedotnya. Jadi ketika sedang flu berhati – hatilah, juga tidak boleh mengupil tetapi jika kita memasukkan jari kita tidak terlalu dalam maka hal tersebut diperbolehkan.
  • Sengaja mencium bau renyah daging goring
  • Muntah dengan sengaja walaupun ia yakin bahwa muntahan tersebut tidak ada yang kembali ke perut.
  • Ejakulasi ekster-coitus (Istimna) seperti onani --baik dengan tangan sendiri maupun bantuan isterinya--, atau mani tersebut keluar disebabkan sentuhan, ciuman, maupun melakukan petting (bercumbu tanpa senggama) tanpa penghalang (bersentuhan kulit dengan kulit). Hal-hal tersebut membatalkan puasa karena interaksi secara langsung menyentuh kelamin hingga menyebabkan ejakulasi.
  • Adapun jika seorang keluar mani karena imajinasi sensual, melihat sesuatu dengan syahwat, melakukan petting tanpa sentuhan kulit dengan kulit (masih dihalangi kain), maka tidak apa-apa, karena interaksi tersebut tidak secara langsung menyentuh kelamin hingga menyebabkan ejakulasi. Dan hukumnya disamakan dengan mimpi basah. Namun jika hal itu dilakukan berulang-ulang maka puasanya batal, meskipun tidak ejakulasi.
  • Memakai celak mata hingga dzat celak tersebut sampai tenggorokan. Jika tidak sampai ke sana, maka tidak apa-apa;. Rasulullah bersabda, "Berhatilah-hatilah orang yang puasa dengannya (celak)".

Nah, itulah beberapa hal yang menurut kami biasa tapi bisa membatalkan puasa. Semoga dengan membaca artikel ini kalian bisa tahu dan lebih berhati – hati lagi agar tidak sia – sia lagi puasa kalian. Aamiin 

No comments :

Post a Comment